Kegiatan pembelajaran pada awal semester pada umumnya guru lebih ke arah pemberitahuan kegiatan selama satu semester kedepan. Namun ada juga sih... yang memanfaatkannya untuk pretest awal. Pada kegiatan awal semester, saya cenderung memodifikasi kedua kegiatan tersebut pada tahun ajaran 2009/2010 semester 4. Dengan adanya modifikasi dari dua kegitan tersebut, diharapkan siswa minimal tahu materi apa saja yang akan dipelajari dan mengukur kemampuan masing-masing siswa.
Pada semester 4 tahun pelajaran 2009/2010 materi yang akan dipelajari adalah dimensi dua, dimensi 3 dan vektor. Ketiga materi tersebut memerlukan kemmpuan abtraksi yang tinggi, untuk membantu menciptakan keamapuan abstraksi tersebut maka saya menyarankan pada siswa untuk menggunakan buku strimin, alat ukur dan bollpoint dengan berbagai warna. sebab daya abstraksi siswa dipengaruhi oleh bentuk dan warna. Mudah-mudahan dengan adanya alat bantu tersebut materi pelajaran matematika dapat diterima siswa minimal 75% (aduh senengnya).
karena semester ini , saya membimbing di 6 kelas dengan karakteristik yang berbeda maka saya harus bisa menerapkan kegiatan belajar yang lebih inovatif di kelas. Hal ini menjadi pertimbangan untuk saya, apa yang saya lakukan belum tetu dterima oleh siswa sehingga pada awal semesterinipun saya meminta siswa memberikan kritik dan saran terkait dengan apa yang saya lakukan di kelas selama kegiatan belajar berlangsung. Tolak ukurnya tentu kegiatan belajar di semeter sebelumnya. Dan saya sangat senang mereka dapat memberikan kritik dan saran yang buatt saya benar-benar berarti. dan saya pun harus siap dengan perubahan yang harus saya lakukan.
.
WeLCoMe
Jumat, 05 Februari 2010
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
0 komentar:
Posting Komentar